Baby Shop Semarang : Tips memilih dot bayi yang harus kamu ketahui

Dot merupakan salah satu peralatan makan bayi yang berbentuk dalam kemasan botol, dot sendiri memiliki fungsi untuk membantu mengkonsumsi minuman seperti susu, air putih dan jus. Banyak alasan kenapa dot dapat kepada bayi entah karena kondisi si ibu sudah tidak dapat menyusui lagi atau mungkin usia bayi yang harus terlepas dari ASI.

Memberikan dot pada bayi tidak boleh asal-asalan harus ada beberapa pertimbangan dan waktu yang tepat, misalnya saja :

  • Ibu yang tidak dapat menyusui kapan saja karena faktor pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan sehingga membuat ibu terpaksa menstok ASInya dalam botol.
  • Kebutuhan ASI yang tidak tercukupi sehingga harus penuhi dengan susu tambahan seperti susu formula.
  • Bayi yang sudah melewati masa ASI eksklusif
  • Bayi yang tidak mau mengkonsumsi ASI
  • Kondisi ibu yang sedang sakit

Pada kondisi demikian maka disarankan jika saat itu adalah waktunya bayi menggunakan dot.

Namun memilih dot untuk bayi juga tidak boleh asal-asalan, memilih dot untuk bayi juga harus berdasarkan pertimbangan. Apalagi saat ini banyak jenis dot dengan harga yang berbeda-beda yang dijual di pasaran. Ada dot yang berukuran besar atau kecil, ada juga dot dengan berbagai warna dan ada juga inovasi dot dengan berbagai bentuk yang menyerupai tokoh karakter kartun. Semua hal tersebut pasti membuat Bunda bingung bagaimana memilih dot yang baik untuk bayi di rumah.

Berikut ini merupakan tips bagaimana memilih dot yang baik untuk bayi yang harus Bunda ketahui. apa saja tips-nya yuk kita simak dibawah ini :

  1. Cermati bahan pembuatan dot

Ada berbagai macam pilihan dot yang ada dipasaran, semuanya terbuat dari bahan yang berbeda. Ada dot yang terbuat dari kaca, silicon, plastic dan stainless stell. Namun, yang sering kita jumpai dipasaran adalah dot yang berbahan plastic. Dot yang berbahan plastic juga memiliki banyak kelebihan selain karena mudah ditemukan dan harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bahan lainnya. dot yang berbahan dari plastic memiliki berat yang cukup ringan sehingga mudah untuk genggam oleh bayi.

Meskipun banyak keunggulan dot yang terbuat dari plastic sering diragukan keamanannya, banyak orang tua yang khawatir dengan bahan kimia yang bisa saja tercampur dengan minuman bayi. Oleh karena itu, jika Bunda dirumah hendak membeli dot plastic sebaiknya piilih dot yang memiliki label BPA-free.

 

  1. Bentuk dan ukuran botol harus disesuaikan dengan bayi

Jika hendak membeli dot, hendaklah membeli sesuai dengan kebutuhan susu bayi. Ada beberapa bayi yang memiliki kebutuhan susu yang sangat tinggi sehingga disarankan untuk memilih botol yang tinggi atau ukuran yang besar yang dapat menampung 200 ml biasanya dot ini dapat digunakan oleh bayi ketika beranjak besar. Namun jika bayi Bunda di rumah memiliki kebutuhan susu yang tidak terlalu besar pilihlah dot yang ukuran sedang atau kecil yang menampung 120 ml biasanya dot ini diberikan pada bayi rentan usia 0-12 bulan.

 

  1. Aliran dot

Selain bentuk dan ukuran dalam memilih dot juga harus mempertimbangakan alirannya, ada dot yang memiliki aliran yang lambat dan ada pula yang cepat. Dot dengan aliran yang lambat biasanya diperuntukan untuk bayi yang premature dan bayi yang baru lahir. Sedangkan aliran yang cepat bisa diberikan kepada bayi yang sudah mulai besar.

Itu dia tips untuk memilih dot yang bisa menjadi pengetahuan Bunda di rumah. Penggunaan dot memang baik namun juga harus dipertimbangkan kapan bayi kita harus menggunakannya.

Untuk Bunda dirumah yang masih bingung mencari peralatan atau perlengkapan bayi dan anak di rumah Bunda bisa menghubungi layanan kami melalui WhatApps +62 819-0135-1496 atau momandchild.co.id

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *