Baby Shop Semarang : Lebih baik popok bayi sekali pakai atau popok kain?

Kehadiran bayi dalam sebuah keluarga merupakan kebahagiaan yang tidak bisa digambarkan. Kebahagiaan itu tidak hanya dirasaka oleh sepasang suami-istri saja, namun juga dirasakan oleh seluruh keluarga besar.

Untuk itu banyak orang tua yang berusaha memberikan yang terbaik untuk si bayi. Bukan hanya kasih sayang, cinta dan materi saja namun dibutuhkan si bayi, orang tua miliki pasti akan diberikan yang terbaik untuknya. Salah satu benda yang menjadi kebutuhan bayi adalah popok.

Ada 2 macam popok  bayi yang dijual dipasaran yaitu popok bayi sekali pakai dan popok bayi kain. Memilih produk popok bayi memang harus selektif karena benda yang satu ini bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membandingkan mana popok yang baik untuk bayi kita di rumah? Apakah popok bayi sekali pakai atau popok kain? Yuk simak pembahasannya di bawah ini :

  1. Popok bayi sekali pakai

Mungkin sebagian dari Bunds dirumah sudah sering menggunakan jenis popok yang satu ini. popok yang sangat mudah dicari ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi bahan pertimbangan Bunds di rumah, berikut adalah ringakasannya :

Kelebihan

Bila dibandingkan popok kain, popo bayi ini memiliki kelebihan penggunaannya yang praktis dan mudah untuk dipakai oleh bayi. Selain itu, gel peresap cairan yang ada didalam popok membantu menahan cairan lebih banyak sehingga tidak mudah bocor dan tidak akan sering ganti. Gel peresap cairan tersebut juga membantu kulit bayi agar tetap kering, beberpa merk popok juga didesain agara memungkinan masuk ke kulit bayi.

Kekurangan

Meskipun kelebihannya banyak namun popok bayi sekali pakai ini juga memiliki kekurangan yang harus Bunds ketahui. Karena penggunaannya yang sekali pakai biaya yang dibutuhkan akan lebih besar bila dibandingkan popok kain. Selain gel peresap cairan popok sekali pakai ini juga mengandung bahan kimia seperti polypropylene. Bahan kimia tersebut berada pada lapisan yang langsung menyentuh kulit bayi. Terkadang bahan kimia lain seperti pewarna, pewangi dan pemutih juga masuk dalam komposisi. Bahan tersebutlah yang menyebabkan alergi pada bayi.

  1. Popok kain

Popok kain saat ini sudah banyak tersedia dipasaran dengan warna dan desain yang lucu. Popok kain berbeda dengan popok bayi sekali pakai, salah satu kelebihan dari popok kain adalah dapat digunakan lebih dari satu kali. Selain itu, popok kain juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan lainnya. apa saja mari simak ulasannya dibawah ini :

Kelebihan

Popok bayi saat ini sudah didesain lebih praktis, jika dulu popok kain menggunakan masih  tali saat ini popok kain sudah didesain menggunakan kancing atau perekat. Bentuk dan ukuran popok kain bermacam-macam bisa disesuaikan dengan usia bayi. Popok kain dianggap lebih aman untuk bayi karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Selain aman penggunaan popok kain juga dinilai lebih ramah lingkungan dan hemat biaya karena tidak menambah sampah di lingkungan dan dapat disimpan untuk anak berikutnya.

Kekurangan

Penggunaan popok kain tidak bisa dibawa kemana-mana karena apalagi jika bukan tidak tahan terhadap cairan, sering bocor dan harus diganti berklai-kali. Penggunaan popok kain juga memakan waktu untuk mencuci karena dbutuhkan proses pengeringan sebelum bisa digunakan kembali. Meskipun sudah ada mesin cuci namun lebih disarankan mencucinya dengan tangan karena bahan pakaian popok kain bayi berbeda dengan pakaian orang dewasa.

Bagaimana Bunds sudah tahu kan perbandingan antara 2 jenis popok bayi diatas. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi mom dirumah ya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *