Baby Shop Semarang : 5 kombinasi sayuran dan buah untuk bayi yang sedang masa MPASI

Makanan pendamping ASI atau yang lebih dikenal dengan MPASI sudah menjadi hal yang harus Mom’s tahu dalam merawat bayi di rumah. Mom’s juga harus tahu gak semua buah dan sayur itu bisa dijadikan MPASI.

Pemilihan bahan makanan untuk MPASI bisa didasarkan dari kandungan nutrisinya, tekstur buah dan rasa. Agar bayi kita sehat dan menjadi lahap saat makan mungkin gak ada salahnya Mom’s mencoba memadupadankan bahan makanan untuk MPASI si kecil. Jika Mom’s di rumah sedang menyiapkan makanan MPASI dan bingung kombinasi bahan makanan apa yang akan dikonsumsi si kecil, Mom’s bisa membaca artikel di berikut.

5 kombinasi bahan Makanan Untuk MPASI

  1. Avocado dan pisang

2 buah diatas sangat baik untuk bayi karena mengandung protasium dan magnesium. Selain itu kandungan kalsium pada kedua buah tersebut cukup tinggi sehingga membantu pertumbuhan pada bayi.

Cara memasaknya cukup mudah loh Mom’s, karena 2 buah tersebut memiliki daging yang lunak jadi cukup dihancurkan dengan sendok dan menyuapinya secara pelahan dengan sendok kecil.

 

  1. Ayam dan brokoli

Selain sayur dan buah, Mom’s juga bisa memberikan protein hewani dari daging ayam. Sayur brokoli juga memiliki kandungan gizi yang baik loh diantaranya lemak baik, serat, protein dan vitamin B.

Cara membuatnya cukup mudah loh Mom’s, pertama potong kecil brokoli kemudian rebus sementara itu siapkan daging ayam cincang dan tumis menggunakan minyak sayur. Setelah itu  brokoli yang sudah matang masukan dalam blender dan tambahkan sedikit air. Saat brokoli sudah menjadi bubur Mom’s dapat mencampurkannya dengan daging ayam yang sudah ditumis tadi.

 

  1. Kembang kol dan ubi jalar

Kembang kol dan ubi jalar dapat dikombinasikan menjadi MPASI loh. Caranya sangat mudah kukus 2 bahan tersebut hingga bertekstur lembek. Lalu blender hingga halus, campurkan juga minyak sayur, susu atau bisa diganti dengan ASI. Jika sudah bertekstur seperti bubur maka siap dikonsumsi oleh bayi. 2 kombinasi bahan tersebut mengandung Vitamin A C dan asam folat.

 

  1. Brokoli, kacang polong dan kentang

Selain kombinasi dengan daging ayam, Mom’s dirumah juga bisa mencampurkan brokoli dengan sayuran lain seperti kacang polong dan kentang. Cara membuatnya juga gampang kok, pertama rebuh 3 bahan tersebut dalam panci terpisah.  Tumbuk kentang sudah empuk dan tambahkan 1 sdm minyak sayur. Kemudian masukan kentang tersebut kedalam blendang bersama dengan brokoli dan kacang polong yang sudah direbus tadi. Jangan lupa tambahkan susu untuk menambahkan kalsium dalam makanan.

 

  1. Wortel, daun bawang dan kentang

Kombinasi terakhir ini, bahan makanannya sangat mudah didapatkan di pasar atau warung sayur biasanya. Selain itu cara memasaknyapun juga mudah, pertama potong kecil wortel dan daun bawang. Selanjutnya tumis hingga matang 2 bahan tersebut, kentang yang sudah dibersihkan selanjutnya dikukus hingga menjadi empuk. Setelah direbus tiriskan kentang dan tumbuk hingga halus. Campurkan kentang tumbuk tersebut dengan wortel dan daun bawang yang sudah ditumis. Untuk tekstur yang lebih kental bisa tambahkan susu.

 

Bagaimana Mom’s 5 kombinasi diatas sangat bermanfaat bukan? Jadi Mom’s bisa mengganti menu MPASI setiap hari untuk bayi. Dan rasanyapun juga tidak kalah dengan produk MPASI instan lainnya. apalagi dengan memasak sendiri kualitas gizi jauh lebih terjamin.

Untuk mom’s dirumah yang masih bingung mencari peralatan atau perlengkapan bayi dan anak di rumah Mom’s bisa menghubungi layanan kami melalui WhatApps +62 819-0135-1496 atau momandchild.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *